JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA

Belajar demi kesuksesan diri dan masyarakat(good practice kartoharjo)



Belajar Demi Kesuksesan Diri ....... Demi Kesuksesan Masyarakat 

Oleh: Khoirul Kholiq, S.Pd
(Fasilitator Teknik Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan)

“Tuntutlah Ilmu Walau Sampai Negeri Cina” Satu kalimat pendek penuh makna, menggambarkan bagimana manusia diwajibkan untuk belajar memahami kemampuan diri terhadap anugerah nikmat yang telah diberkanNYA. Satu pertanyaan “Tuntutlah” kenapa bukan “Mintalah” ini suatu konsep bagaimana tidak akan pernah terpenuhi kepandaian, kecerdasan kalau kita tidak mau “menuntut”, Lalu siapa yang dituntut, tentu saja kita harus dapat menuntut diri sendiri karena kepandaian dan kecerdasan adalah vitamin bagi kita sendiri. Dengan belajar dan membaca kita tidak hanya sampai di Negeri Cina tapi kita sudah mampu menjelajahi dunia.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri melalui kegiatan Pelatihan Masyarakat telah memberikan warna dalam perjalanan kegiatan pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan Kegiatan Pelatihan Kader Teknis, Out put dari pelatihan ini jelas untuk mencetak Kader untuk mampu mendampingi masyarakat dalam merencanakan sebuah kegiatan terutama kegiatan Perncanaan pembangunan prasarana mulai Survey teknis, pengukuran, gambar pra desain, gambar desain, perhitungan volume, analisa kebutuhan bahan sampai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB)


  Sesuai dengan hasil MAD Penetapan Usulan hari kamis tangga 21 Maret 2013 sebagai tindak lanjut dilaksanakan Penyusunan Desan dan Rencana Anggran Biaya (RAB) yang harus dilakukan oleh Kader Teknis Desa, satu pertanyaan dari Mas Dheny selaku Kader Teknis Desa Jeruk Kecamatan Kartoharjo “mampukah saya ?” “ Bisakah saya ? “ motifasi diri demi diri sendiri dan demi masyarakat, satu kata siap........ anak muda harus berani mencoba.
Mulailah dengan semangat dilaksanakan survey teknis di lokasi kegiatan pembangunan Gedung Posyandu. Mulailah dengan membuat sketsa lapangan dan sketsa gambar desain sesuai dengan kebutuhan.  Satu tahap selesai dilaksanakan selanjutnya dilaksanakan menggambar desain,  kira-kira ruang apa saja ya yang diperlukan, akhirnya ketemu juga ruang yang diperlukan sesuai standar Dinas Kesehatan yaitu : 1. R. Tunggu Pasien 2. R. Periksa Perawat 3. R. Periksa Bidan 4. Ruang Bersalin dan Nifas 5. R. Pendaftaran 6. R. Obat  7. KM/WC.
 (Foto. tampak mas dheny, Ketua TPK didampingi FK dan FT)

Dimulai dari mas Dheny akhirnya Kader Teknik dari Desa lain juga tertarik dengan  Kegiatan penyusunan Desain dan Rencana Anggaran Biaya, secara berkelompok akhirnya Kader Teknis satu dengan yang lain bertukar ilmu, suasana senang dan bangga tampak dari wajah (mas heri, mas wawan dan mas arif, Foto atas) e... ternyata enak ya..... jadi tahu bagaimana menggambar teknik yang benar ayo.... pegang pensil....  letakkan penggaris..... tarik garis........ gambar jadi deh.......

Setelah Desain Rencana Kegiatan selesai dikerjakan, Kader Teknis jadi semangat dan serempak bertanya Selanjutnya apa yang harus dilakukan, Kegiatan Perencanaan dilakukan untuk mentukan jumlah kebutuhan Bahan, Tenaga dan Alat suatu kegiatan dimulai dengan Gambar Desain Rencana dilanjutkan dengan perhitungan volume kegiatan dari seluruh tahapan pekerjaan yang direncanakan, setelah volume didapat selanjutnya dilakukan perhitungan kebutuhan Bahan, Tenaga dan Alat sesuai dengan Standar Analisa Kegiatan (SNI).  
Satu Persatu rankaian kegiatan sudah dapat dilaksanakan oleh Kader Teknis, sampai selesai perhitungan kebutuhan bahan, kebutuhan tenaga dan kebutuhan alat sampai akhirnya Rencana Anggaran Kegiatan (RAB) kegiatan prasarana hasil MAD Prioritas Usulan dapat ditetapkan di MAD Penetapan Usulan.

Sebagai seorang fasilitator atau tenaga pendamping masyarakat yang baru bergabung dengan tim besar di PNPM Mandiri Perdesaan  Kecamatan Kartoharjo, tentunya hal ini menjadi suatu pengalaman membanggakan, ada ilmu yang dapat saya berikan kepada Kader Desa tentang pentingnya semangat dan belajar, peningkatan kapasitas diperoleh dari kekurangan yang kita ketahui, apa yang kita lakukan semua demi diri sendiri semoga menjadi dampak positif bagi masyarakat.

1 comment :

Budayakan komentar yang baik dan sopan( tidak berbau SARA, Intimidasi dan Diskriminasi)