JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA

Rakor ke-2 mei 2013



RAKOR KABUPATEN KE-2  BULAN MEI 2013
PNPM MPd dan PNPM GENERASI

Pada tanggal 28 Mei 2013 telah dilakasanakan rakor kabupaten yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa.dalam Rokorkab ini dihadiri oleh Fasilitator Kecamatan baik  Mandiri Perdeasaan Maupun Generasi,dalam rakor ini di Agendakan sharing antar pelaku kecamatan khususnya FK untuk antisipasi masalah.
Acara dimulai  pada pukul 10.30 wib dibuka oleh Ir. Drs. Edi indrasiono dengan menyampaikan hasil kunjungan  Spesialis FMS  Prov. Jawa timur  tentang pengendalian  untuk antisipasi  timbulnya masalah dikecamatan baik permasalahan manajerial maupun administratif. Antisipasi masalah tersebut diantaranya : setiap transaksi keuangan harus sepengetahuan FK atau berkas harus ditandatangani FK, Laporan bulanan FK dan UPK  harus ditanda tangani Faskab sebelum diperbanyak dan dijilid, laporan bulanan  harus rangkap 4 (Faskab, PjOkab, Satker Prov, dan arsip FK).

Dilanjutkan dengan sharing dan berbagi pengalaman oleh Fasilitator kecamatan. Sharing  diawali  dengan Kecamatan Ngariboyo oleh Nurhayati (FK  Generasi Ngariboyo)   dari paparan  beliau dapat  simpulkan bahwa” Permasalah terjadi karena kepercayaan yang berlebihan sehingga kontrol  menjadi lemah, dan  permasalan merupakan tanggung jawab berasama untuk diselesaikan bukan untuk saling menyalahkan”.  Dilanjutkan Oleh Rama Dani W.S (FK MP Ngariboyo)   isi sharing  tersebut antara lain  “penyalah gunaan dana biasanya diawali dari yang kecil, bila tidak ada tindakan yang tegas maka semakin lama akan meningkat maka peran fasilitator sangat berpengaruh untuk control dengan spesiment  salah satu caranya”.
Pada kesempatan selanjutnya  dilanjutkan Suharni (FK kecamatan parang),  Retno Ayu M( FK Kecamatan Nguntoronadi) dan  Mufarida( FK Kecamatan Karas) dari ketiganya menyampaikan  “pengendalian perguliran dapat dilakukan dengan membentuk Lembaga  Ad-hoc  yang bertugas memverivikasi kevalidtan kelompok dan menentukan besaran nilai perguliran lembaga itu adalah TIM VERIVIKASI PERGULIRAN dan TIM PENDANAAN”
Dalam kesempatan itu banyak FK dari kecamatan lain  menyampaikan unug-uneg dengan mengajukan pertanyaan tentang  mekanisme perguliran dan  cara pengendaliannya. Dari pertanyaan tersebut Fas-Keu Kab.Magetan Yusfan Achiyat, SE menyampaikan bahwa “Makanisme perguliran diawali dengan  MAD Perguliran dilanjutkan Verivikasi perguliran  yang dilakukan Oleh Tim Verivikasi Perguliran, untuk pengendalianya Proposal yang masuk harus di Verivikasi  sesuai SOP yang ada, dan harus ada MAD perguliran dan Musyawarah Pendanaan Perguliran (MPP), dan UPK tidak termasuk dalam lembaga yang memverivikasinya.  Agar proses pencairan SPP tidak memakan waktu yang lama maka sebaiknya MPP dilakukan pada awal bulan dan MPP jangan dilakukan Beberapa kali dalam satu bulanya karena mengingat operasional UPK yang terbatas.  Dari saharing tersebut FK kecamatan menginginkan adanya pertemuan antara Pelaku dikecamatan dan pelaku Kabupaten seluruhnya.
Pada sesi Teknik Fas-Tek Kabupaten Ir.Hari Budi Suharto menyampaikan  tentang “Hasil temuan Inspektorat dan proses lelang diharapkan FT Kecamatan menjadualkan agar dapat dihadiri oleh pelaku Kabupaten sebagai kontrol pelelangan dilakukan sesuai aturan Program. Untuk itu pertemuan lintas pelaku dalam hal ini Pelaku PNPM dan LSM, agar kontrol terhadap- kualitas Fisik lebih transparan”.
Pada sesi PNPM Generasi  Faskab-generasi Aris M Budiawan meng-instruksikan agar disusun  Istrumen penilaian kinerja Pendamping Lokal yang akan digunakan sebagai dasar melakukan evaluasi secara objektif dan pencapain PL setiap Bulan, instrumen penilaian di buat oleh kecamatan dan disesuaikan dengan kondisi kecamatan sehingga lebih fleksibel. Sebaiknya instrumen ini disosialisasikan saat MAD atau disepakari saat Rakor lembaga.
Hasil rakor :
1.       Laporan Soft Copy maksimal diserahkan pada tanggal 1 setiap bulanya
2.       RKTL kecamatan dilampirkan pada laporan bulanan
3.       Form  67 dikumpulkan pada awal bulan
4.       FK  Generasi diwajibkan membuat instrumen penilaian PL
5.       Rakor bulan juni pada tanggal 10 dan 25 juni 2013.

0 komentar :

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik dan sopan( tidak berbau SARA, Intimidasi dan Diskriminasi)