Progress Kegiatan Maret 2009


LAPORAN BULANAN FASILITATOR-KAB MAGETAN
Bulan : Maret 2009
Kabupaten : Magetan
Propinsi : Jawa Timur

I. Gambaran Umum
Pada tahun 2009 di Kabupaten Magetan terdapat dua jenis program yang berjalan dalam koordinasi PNPM Mandiri Perdesaan, yaitu PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) itu sendiri yang merupakan metamorfose dari PPK dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas (PNPM Generasi). Meskipun dalam satu wadah koordinasi kedua program tersebut mempunyai Petunjuk Teknis Operasional (PTO): Kebijakan, prosedure dan mekanisme yang berbeda (sendiri-sendiri). PNPM Generasi lebih fokus pada kegiatan kesehatan ibu-anak dan pendidikan dasar, merupakan program ”pilot project” di PNPM-MP. Dalam PNPM Generasi sendiri ada 2 (dua) model penerapan program yaitu Versi-A dan Versi-B dengan PTO yang sedikit berbeda. Pendanaan program PNPM memakai pola Dana dari Pemerintah Pusat (80%) dan Partisipasi Daerah (20%).

Kegiatan PNPM - Mandiri Perdesaan di kabupaten Magetan pada bulan Maret 2009 sudah mencapai pada tahap kegiatan Persiapan Pencairan Dana On Top dan MAD Sosialisasi untuk tahun 2009. Adapun kemajuan kegiatan yang telah dicapai berdasarkan RKTL Pelaksanaan sebesar 93,50 %. Kegiatan PNPM Generasi sesuai mekanisme dan aturan program untuk tahun anggaran 2007 telah selesai dalam pembuatan laporan akhir, dana dari KPPN (Pemerintah pusat) sudah terserap 100 % pada bulan Desember 2007, progress RKTL Pelaksanaan PNPM Generasi 2008 pada bulan ini sebesar 41,39 %. Sedangkan untuk kegiatan PNPM Generasi tahun anggaran 2008 pada tahapan Monitoring, Sedangkan untuk kecamatan yang baru sebagian besar sudah memasuki tahapan Persipan Pencairan KPPN tahap III. Kegiatan PNPM-MP APBD sedang masuk pada tahapan MDST.

Untuk lebih memantapkan koordinasi dan konsolidasi telah dilaksanakan Rakor FK dengan Fasilitator Kabupaten di Magetan, pada tanggal 07 dan 25 Maret 2009 .
Perkembangan angsuran pada kegiatan SPP dan UEP sampai akhir bulan ini terjadi tunggakan di 6 Kecamatan (Panekan, Kawedanan, Poncol, Ngariboyo, Karas dan Sukomoro), Penyelesaian permasalahan tunggakan ini menjadi agenda prioritas, telah disusun langkah dan strategi penyelesaian.

II. Masalah, tindak lanjut dan rekomendasi
Permasalahan utama yang terjadi di kabupaten Magetan mengenai penyalah gunaan dana oleh Sdri Eny Mindayati (mantan FK kec. Ngariboyo). Perkembangan dan progress yang telah dicapai dalam rangka penyelesaian permasalahan tersebut adalah sebagai berikut :
· Telah Di kirim Surat Penagihan Sebanyak 3 Kali Tetapi Sampai Saat ini belum ada tanggapan dari yang bersangkutan.
· Pada Tanggal 25 November telah di bentuk Tim Penyehatan dimana tim ini akan melakukan penagihan langsung kepada yang bersangkutan dan apabila yang bersangkutan tetap tidak mempunyai etikad yang baik untuk mengembalikan dana yang telah disalah gunakan maka akan diserahkan kepada pihak yang berwajib (Pihak Kepolisian).
· Pada Tanggal 28 Januari 2009 Telah di kirim Surat Penagihan yang ke 4 Kepada Sdri. Eny Mindayati Tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan dari yang bersangkutan.

III. Pelaksanaan Kegiatan
1. Perkembangan Kegiatan SPP dan UEP

SPP : Tingkat pengembalian sebesar 98,8 %, berarti ada peningkatan dibandingkan bulan lalu yang besarnya 98,7 %. Tunggakan sebesar Rp. 230.100.400,- berasal dari Kawedanan Rp. 62.277.500,- Poncol Rp. 3.009.200,- , Ngariboyo Rp. 104.845.200,- , Karas Rp. 16.602.000,- Panekan Rp. 9.948.500,- Sukomoro Rp. 5.418.000,- Kenaikan tunggakan terjadi di kec. Panekan dan Sukomoro dan Penurunan tunggakan terjadi di Kec. Ngariboyo, Poncol, Kawedanan, Untuk Kec Parang dan Nguntoronadi Tidak ada Tunggakan.
UEP : Tingkat pengembalian sebesar 98,1%, berarti ada peningkatan dibandingkan bulan lalu yang besarnya 98 %. Tunggakan sebesar Rp. 113.840.950,- dari Kecamatan Kawedanan Rp. 20.499.750,- Poncol Rp. 10.907.300,- Ngariboyo Rp. 59.915.900,- Karas Rp. 22.519.000,- Kenaikan tunggakan terjadi di kec. Karas, Untuk Kec Poncol Ngariboyo dan Sukomoro Mengalami Penurunan Tunggakan Sedangkan di Kecamatan Panekan Tidak Mengalami Tunggakan.

2. Kegiatan Tahapan PNPM Mandiri Perdesaan
Sampai akhir bulan ini tahapan yang telah dilakukan adalah MAD Sosialisasi untuk pelaksanaan Program tahun 2009 telah selesai di laksanakan untuk kecamatan baru, sedangkan untuk Kecamatan lama sudah dalam tahapan persiapan pelaksanaan Pelatihan FD I.
Kegiatan Tahapan PNPM-Generasi

Untuk PNPM Generasi baik yang Lama Maupun baru dalam pelaksanaan Monitoring kegiatan dan untuk kecamatan generasi yang (Baru) Sudah Selesai melakukan Tahapan pencairan Dana BLM Tahap III dan melakukan pencairan ke Desa, Sedangkan Untuk Kecamatan Generasi Lama Telah Melakukan Pencairan Dana On Top 10 %.

Rapat Koordinasi dan kegiatan Lain
a. Rapat Koordinasi
Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten yang ke-1 pada bulan ini dilaksanakan tanggal 07 Maret 2009 bertempat di Kantor Fasilitator Kabupaten Magetan diikuti FK dan FT PNPM - MP & Generasi, membahas tentang hasil monitoring Faskab, Evaluasi pencapaian RKTL, permasalahan lapangan serta Pembahasan tentang Persiapan Pemeriksaan oleh BPKP baik untuk Kec. Generasi Maupun untuk Kec. PNPM-MP.
Rapat Koordinasi yang ke-2 dilaksanakan tanggal 25 Maret 2009 bertempat di Kantor Fas Kab Magetan diikuti FK dan FT PNPM – MP & Generasi, membahas tentang hasil monitoring Faskab, Evaluasi pencapaian RKTL, informasi program, serta Membahas Hasil Temuan pemeriksaan BPKP dan Tindak Lanjutnya.
Rencana Kegiatan Bulan Depan
· Supermonev Pelaksanaan tahapan Kegiatan di Kec. PNPM - Mandiri Perdesaan
- Musdes Sosialisasi PNPM 2009 (Kec Baru)
- Pelatihan KPMD I (Kec Lama)
· Supermonev Pelaksanaan tahapan kegiatan di Kec. PNPM-Generasi
- Monitoring Administrasi UPK (Khususnya Kec Baru)
- MAD Sosialisasi T.A 2009.
- Audit Antar Desa II
· Supermonev Penanganan Masalah.
· Rakor. Kabupaten Magetan tanggal 06 dan 24 April 2009.

Hasil Kunjungan Lapangan
PNPM-Generasi
1. Supermonev pelaksanaan kegiatan di lapangan maupun pelatihan masyarakat, beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah :
a. Adanya Masalah Di Lapangan Yaitu Kurangnya koordinasi dengan Dinas Pelayanan dalam Merealisasikan Dana kepada Pemanfaat
b. Pemahaman tentang substansi program perlu ditingkatkan mulai dari level FK, FD maupun pelaku lain di tingkat kecamatan maupun desa. Substansi program yang perlu pemahaman terus menenerus adalah bahwa adanya program bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan, dalam arti pemanfaat adalah Rumah Tangga Miskin serta substansi dari bidang kegiatan baik prasarana, SPP maupun Pendidikan serta kesehatan.
c. Terkait Dengan Temuan BPKP maka di adakannya Umpan Balik antara BPKP dengan Semua pelaku Program agar Pelaksanaan di lapangan sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan adanya perbaikan untuk tahun berikutnya.
d. Penanganan gizi kurang/ gizi buruk perlu mendapatkan perhatian khususnya tahun 2009, dimana perlu dipilah secara tegas program PMT sosialisasi dengan PMT pemulihan sebagai bahan evaluasi.
e. Kecamatan tambahan untuk Generasi T.A 2008 di Kabupaten Magetan sebanyak 4 kecamatan baru yaitu Kec. Plaosan, Kec. Barat, Kec. Bendo dan Kec. Lembeyan.

2. Pelaksanaan kegiatan Monitoring. Meliputi penggunaan buku kupon dan KIA serta absensi sekolah. Beberapa hal yang perlu adanya perbaikan adalah :
a. Penggunaan kupon sebagai alat monitoring masih belum maksimal, karena pertemuan kelompok dalam rangka pengumpulan kupon belum maksimal berjalan sehingga FD yang harus bekerja keras. Pertemuan yang terjadi adalah pada saat pos yandu dilakukan yaitu antara tanggal 5 sd tanggal 20 yang sudah terjadwal.
b. Masih adanya kendala terutama untuk pengumpulan absensi siswa dari pihak sekolah, karena musim liburan sekolah, serta tidak konsistennya guru dalam merekap absensi di awal bulan sehingga menyebabkan tertundanya laporan sehingga dibutuhkan lagi Koordinasi dengan fihak Dinas Pendidikan untuk mengeluarkan surat himbauan kepada sekolah khususnya SMP bisa merekap absensi sekolah maksimal tanggal 3 setiap bulannya.
PNPM-Mandiri Perdesaan
a. Hasil Supermonev kegiatan pada bulan Maret 2009 pada kegiatan Pelaksanaan MAD Sosialisasi T.A 2009 Untuk Kec. Baru (Kec. Sidorejo, Kartoharjo, Nguntoronadi dan Takeran) sudah selesai dilaksanakan dan masuk pada persiapan pelaksanaan Musdes yang di rencanakan pada minggu ke II bulan April, Untuk Kec. Lama (Kec. Sukomoro dan Parang) dalam Tahapan Persiapan Pelatihan FD I, RKTL untuk Kec. Lama mengalami keterlambatan di karenakan FK dan FT di perbantukan untuk juga membantu Kec Baru yang sampai saat ini belum ada FK dan FTnya.
b. Kecamatan tambahan untuk PNPM-MP di Kabupaten Magetan sebanyak 4 kecamatan baru yaitu Kec. Sidorejo, Kec. Kartoharjo, Kec. Nguntoronadi dan Kec. Takeran, Di harapkan untuk FK dan FT dapat segera di tempatkan di lokasi mengingat tahapan yang sudah mulai berjalan, sehingga tidak mengganggu Tahapan dan Kinerja FK dan FT untuk Kecamatan Lama.

Penilaian Partisipasi Masyarakat
Dari hasil monitoring dan laporan hasil kegiatan di Kecamatan partisipasi masyarakaat di berbagai tahapan kegiatan masih cukup besar, hal ini memberikan harapan bahwa PNPM-MP maupun PNPM Generasi masih menarik dan dibutuhkan oleh masyarakat. Secara rinci tingkat partisipasi masyarakat terlampir.
Administrasi dan PelaporanPelaksanaan administrasi Fasilitator Kabupaten / Fasilitator Kecamatan untuk PNPM-MP dan Generasi bulan Maret 2009 sampai dengan Tanggal 07 April 2009 sudah ditransfer.

1 comment :

Budayakan komentar yang baik dan sopan( tidak berbau SARA, Intimidasi dan Diskriminasi)