JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA JUDUL POSTING ANDA

Kelompok SPP Unggulan Kec. Parang



KELOMPOK SPP UNGGULAN
BINAAN UPK PNPM MANDIRI PERDESAAN
 KECAMATAN PARANG
(oleh: Dra.Suharni – FK Parang)

Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, terdiri dari 12 (dua belas) desa dan 1 (Satu) Kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 45.277 Jiwa atau 11.570 Kepala Keluarga (KK). Sebanyak 500 KK (4%) dikategorikan sebagai Rumahtangga Miskin (RTM). Mata pencaharian utama masyarakat disini adalah petani. Kecamatan ini memiliki sejumlah sumberdaya alam potensial seperti batu Kali, dan Pasir kali yang berkualitas baik untuk bangunan Adapun produk unggulan pertanian kecamatan ini adalah Padi, Ketela Pohon dan Aneka sayuran.
Penyaluran SPP
Kecamatan Parang telah berpartisipasi dalam PNPM Mandiri Perdesaan sejak tahun 2008. Hingga saat ini, Kecamatan Parang telah mendapatkan dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) sebesar Rp 11.461.517.000 dana tersebut sudah termasuk BLM Paska krisis yang sebesar Rp. 311.517.000,-. Dana tersebut dikelola secara mandiri oleh masyarakat melalui UPK Berikut akumulatif dana BLM yang dikelola UPK.
Secara umum, dana BLM PNPM Mandiri Perdesaan dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung kegiatan di bidang peningkatan kapasitas, pembangunan dan rehabilitasi sarana/prasarana perdesaan, kegiatan pendidikan dan kesehatan, serta kegiatan ekonomi melalui perguliran dana. Melalui Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP).


Mracang Ibu Suratun
Tahun
Jumlah (Rp)
2008
1.500.000.000
2009
3.000.000.000
2010
2.000.000.000
paska krisis
311.517.000
2011
600.000.000
2012
1.050.000.000
2013
3.000.000.000
TOTAL
11.461.517.000
  Secara akumulatif dari awal mendapatkan BLM hingga saat ini, sebagian besar dana BLM di Kecamatan
Parang ini, yaitu sekitar ±75 %, dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung kegiatan di bidang Sarana Parasana Penunjang Ekonomi, seperti jalan Akses Desa, Jembatan, Talud, Gedung TK, Saluran irigasi, Gedung Ponkesdes, dan sebagainya.
                                                                                                                      
Kegiatan Kelompok SPP Unggulan

Dana SPP di kecamatan ini umumnya dimanfaatkan warga untuk penambahan modal usaha, membuka usaha baru, dan meningkatkan kapasitas produksinya. Usaha anggota/ kelompok penerima manfaat SPP paling berkembang dan membanggakan di kecamatan ini adalah:
1.    Usaha Katering Makanan milik Ibu Sumini kelompok Mawar di Kelurahan Parang. Keunggulan dari usaha/ kegiatan ini adalah menjadi sebuah alternatif penyedia makanan Ringan maupun berat. Karena melayani pesanan berbagai Acara (Resepsi, Rapat dinas dan Acara Sekolahan), selain itu bu Sumini juga memenuhi pesanan Warung-warung Makanan yang tersebar di Lingkup Kecamatan Parang. Karena usahanya sudah maju ibu Sumini memberi pekerjaan bagi beberapa tetangga untuk bekerja di rumahnya membantu membuat dagangan ataupun saat menerima pesanan.
2.    Usaha Merancang dan Warung ibu Suratun Kelompok Mracang Desa Pragak kini benar – benar sudah bisa dibilang sukses. Berawal dari toko yang sangat kecil yang hanya menjual sayur dan sembako, kini berkat pinjaman dana dari UPK PNPM Kec. Parang yang ibu Suratun gunakan untuk modal menambah dagangan di tokonya, kini setelah beberapa tahun setia menjadi Pemanfaat dana SPP UPK Kec. Parang toko bu Suratun sudah menyediakan berkembang menjadi toko yang besar, daganganya pun sangat banyak/lengkap dan selain itu bu Suratun juga membuka warung makanan disebelah tokonya.
Usaha Ibu Munjiah
3.    Usaha warung kopi dan aneka gorengan milik ibu Munjiah Kelompok Dahlia Berawal dari warung kecil yang hanya menjual kopi dan beberapa jajanan kini setelah mendapat pinjaman modal dari PNPM warung ibu Munjiah kini lebih maju, kini sudah menjual berbagai macam jajan gorengan dan lebih berkembang lagi bisa menjual nasi. Kini warung ibu Munjiah pun selalu rame dikunjungi pembeli tida hanya dari Lingk. Parang tapi juga dari desa lain.

0 komentar :

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik dan sopan( tidak berbau SARA, Intimidasi dan Diskriminasi)